Jawaban surat Maba Part 1

Hello hello….
Apa kabar semua?
Semoga selalu semangat dan baik-baik saja?
Oiyaa, kali ini gue bakal ngebales surat yang gue dapet dari maba. Kenapa gue balesnya lewat blog? Karena kalo balesnya lewat surat trus kasih satu-satu ke orang yang bersangkutan susah. Susah nyari orangnya hahaha
Oke kitaa mulai yaa..

1. Diah Rahmadini
Kak Aji prayoga ganteng..
Trima kasih karna selama menemani kami ospek, kak aji tidak pernah marah. #SalamWongKitoGalo
Nb: Minta pin BB kak

Reply to Diah:
Trimakasih yaa buat diah yg mungkin lebih ganteng *ehh becanda deh. Lebih cantik maksudnya. Bukannya kk tidak pernah marah, soalnya kalo kk marah-marah nanti tingkat kegantengan bisa berkurang. Bener gak kira-kira? Hehehe Okee. Salam wong kito galo jugaa yaa. Buat pin BBnya silahkan ntar cari sendiri yaa. Kalo mau temui kk aja dikampus kalo ketemu. Jangan malu-malu buat nyapa duluan karena kk gatau kamu orangnya yang mana. Bukannya sombong atau apa tapi karena terlalu banyak muka yang mesti di ingat. Maap yaa. Selamat berjumpa nanti.. Hehehe

2. Dewi Sartika
Hai Kakak Ajie. Disini saya sangat mengagumi kakak Ajie. Yang saya kagumi dari kakak adalah sikap yang kakak miliki. Kakak sangat baik memberitahu kami ketika kami tidak memahami untuk mengenai hari-hari ospek Spesivik yang kami jalani dari kami ospek hari senin tanggal 25 sampai selesaiย  terima kasih kakak ๐Ÿ™‚
Semoga kakak kedepan menjadi orang yang sukses Aamiin.
Sukses buat usaha yang akan kakak kembangkan kedepannya dan sukses juga buat buku yang akan dibuat nanti. Terimakasih kakak ๐Ÿ™‚

Reply to dewi:
Hai juga dewi.
Sudah tugas kakak memberitahu kalian apa-apa yang akan dibawa. Dewi pasti baru tau yaa kalo kakak sangat baik? Selama ini kemana aja? :’) iyaa iyaaa. Aamiin. Dewi juga yaa semoga sukses kedepannya. Smoga bisa jadi penulis. Seneng ga nih suratnya dibales? Pasti seneng kan? Yaudahh semoga kita ketemu lagi nanti di kampus. Jangan sombong-sombong!

3. Yani Kusumawati
Pertama-tama saya mengucapkan mohon maaf kepada kakak karena telah lancang menulis surat buat kakak. Kesempatan kali ini saya hanya ingin memberitahu bahwa kakak adalah salah satu kakak yang saya kagumi. Saya mengucapkan terima kasih karena kakak begitu ramah dalam menyambut adik-adik kelas kakak. Semoga kakak dan kakak-kakak lainnya bisa mengayomi kami agar menjadi lebih baik dalam berakhlak dan berprestasi. Mungkin hanya itu yang saya sampaikan atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Reply for Yani:
Maafin kakak juga yang telah lancang ngebales surat buat kamu. Dalam surat yang kamu kirim kamu bilang kakak adalah salah satu orang yang kamu kagumi. Berarti kamu mengagumi kakak yang lainnya juga yaa?? Cieeee siapaa?? Hahaha iyaa nanti kakak dan kakak yg lain akan mengayomi kalian seperti polisi yang mengayomi masyarakat. Tau kan polisi kaya gimana? Nah seperti itulah kami akan mengayomi kalian :3 kalo mau akhlaknya baik rajin sholat yaa. Ikut LDK juga kalo bisa. Mau berprestasi? Silahkan ikut lomba-lomba. Kalo gatau boleh tanya kakak. Udah dulu yaa bales surat buat kamu. Sekali lagi kakak minta maaf kalo udah lancang bales surat kamu…

4. Hardina
Mungkin dengan kedatangan surat ini dapat mengganggu kakak. Namun disini saya hanya ingin menyampaikan kekaguman saya kepada kakak, karena selama saya mengikuti spesivik IX 2014 kakak telah banyak membantu saya, kakak selalu mengingatkan kami akan tugas-tugas yang harus kami bawa besok pagi. Bagi saya kakak adalah sosok baik, perhatian, penyayang, dan kakak juga unik. Saya sangat mengagumi kakak. Saya juga minta maaf kepada kakak jika dalam penulisan surat ini banyak kata-kata yang salah. Dan saya mengucapkan banyak terima kasih.

Reply for hardina:
Mungkin dengan kedatangan balasan surat ini dapat mengganggu kamu. Makasih atas kata-katanya. Kira-kira udah mirip ibu kamu belom? Ibu yang baik, perhatian, dan penyayang. Hahaha btw, kakak unik apanya? Tolong dijawab yaa. Jangan buat penasaran. Iyaa kakak udah maafin kamu kok. Dalam penulisannya ga ada salah cuma kamu salah dalam meletakkan tanda baca. Disurat kamu semuanya pake koma. Kakak ucapin makasih yang sedikit buat kamu. Sukses!!

5. Ummi suninah (bener gak namanya??)
Untuk kakak tingkatku,
Selamat pagi kak Ajie, semoga kakak dalam keadaan sehat wal’afiat. Sejak pertama saya mengenal kakak, saya sudah mengagumi kakak. Karena kakak orangnya ramah, enak, dan humoris. Kakak juga bisa menjadi motivasi buat saya. Mungkin inilah surat yang dapat saya buat, semoga kakak suka membacanya. Jika ada kata-kata yang salah dari saya mohon dimaafkan, kak.

Reply for ummi:
Untuk adik tingkatku,
Pagi ummi!! Semoga kamu dalam keadaan yang sehat wal’afiat juga yaa. Kakak juga sejak pertama dapet surat dari kamu masih bingung kamu yang mana. Tapi kakak tetap kagum sama kamu yg udah nulis surat buat kakak. Makasih yaa. Semoga kakak bisa memotivasi kamu dalam hal kebaikan yaa bukan kejahatan :’) semoga kamu juga suka baca balesan kakak. Sampai ketemu dikampus!! Sukses yaa!!

6. Yuni Kartika
Kagum aja sama kak ajie. Kak ajie orangnya baik, ramah, tidak banyak bicaranya. Jadi lebih ngerasa enak aja. Kakak juga murah senyum, gak pernah marah kelihatannya. Jadi itulah alasan saya kagum sama kakak. Makasih kak.

Reply for yuni:
Kagum juga sama kamu wahai adik kelas waktu sma haha ngerasa enak? Kamu pasti pas nulis surat ini ngebayangin kakak kaya makanan yaa?? :’) Sebenernya senyum kakak mahal engga murah :’) huftt. Iyaa keliatannya ga pernah marah. Tapi mau gak ntar kk marah-marah?? Gimana ya kira-kira?? Sukses buat kamu!!

7. Romia Ade kharimah
Maaf sebelumnya, Saya atas nama Romia ade Kharimah telah lancang untuk mengungkapkan kekaguman atas kepribadian kakak yang baik

Reply for ade:
Maaf juga kakak yang telah lancang balesnya. Iyaa iyaa makasih yaa. Sukses!!

8. Meri Enggalina
Semoga kakak dalam keadaan sehat dan selalu dalam limpahan rahmatnya.
Bersama surat ini aku ingin menyampaikan rasa senang dan bangga memiliki kakak senior seperti kak ajie. Semenjak pertama masuk ke kampus ini dan mengikuti spesifik, aku memperhatikan kak Ajie secara diam-diam karena takut kalau ketahuan kak ajie akan marah.
Aku kagum dengan sikap kak ajie yang selalu bisa memberi contoh kepada mahasiswa baru, seperti aku yang masih belum tahu apa-apa dan selalu bersikap kekanak-kanakan. Memang kadang kak ajie suka marah dan bentak-benyak, tapi aku tahu itu hanya cara kak ajie melatih kedisiplinan kami, dan aku perhatikan sebenarnya kak ajie tuh orangnya baik dan perhatian. Maaf ya kak bolehkah aku mengagumi mu? Hahaha
Sekian dulu surat dariku kak, semoga kak Ajie tidak marah dengan isi suratku ini..

Reply for meri:
Semoga kamu dalam keadaan sehat dan selalu dalam limpahan rahmatNya juga yaa.. Bersama balasan surat ini kakak cuma ingin menyampaikan rasa senang memiliki adik junior seperti kamu. Jadi kamu diam-diam merhatiin kakak? Yaudah makasih yaa. Kakak ga marah kok. Cuma penasaran aja kamu yang mana orangnya. Tolong yaa ntar tunjukin wujudnya yang mana. Jangan buat kk penasaran sama kamu.  kakak mau tanya boleh ga?? Kapan kk suka marah dan bentak-bentak? Kapan? :”) maapin yaa kalo gituu. Boleh kok kalo mengagumi kakak.  Iyaa kakak ga marah sama dengan isi surat ini. Makasih yaa. Sukses buat kamu!!!

Udah dulu yaaa Balesan part 1 nya. Masih banyak yang lainnya. Tunggu ajaaaa hehehe

Jurus Terlarang Komunikasi

Tulisan ini akan menciptakan sebuah rasa penasaran pada anda. Anda harus membaca tulisan ini sampai habis. Jika tidak percuma saja. Saran saya segera tinggalkan blog ini jika anda orang yang malas membaca atau setengah-setengah membacanya. Karena hal itu percuma saja dan membuang waktu anda!

Oke saya lanjutkan ceritanya..

Beberapa hari lalu saya mendapatkan pelajaran berharga dari seseorang yang luar biasa bernama pak Amin Nugraha. Beliau adalah Kepala Bakorkamla Babel.
Dan hari ini saya akan bagikan pada anda ilmu tersebut.
Saya harap Ilmu ini bisa menjadi Pelontar semangat kita semua.
Dengan bernafaskan keprihatinan akan kurangnya kemampuan kita untuk saling berkomunikasi satu sama lain maka dibuatlah sebuah konsep yang dinamakan Bentuk Penyadaran. Konsep ini sendiri diambil dari sebuah buku karya primadi yang berjudul “Komunikasi Seni”.
Ketika bercerita dengan saya, beliau mengatakan ada 3 Syarat Mutlak agar Apa yang kita sampaikan dapat dengan mudah membuat orang lain paham. Sebelumnya saya mohon maaf jika contoh yang nanti munculnya tentang cinta semua. Karena jika berbicara cinta saya berharap yang membacanya anak muda atau yang merasa masih muda. Hehehe!

Lalu apakah syarat itu?
1. Isu Permasalahan
Yaps benar sekali. Sebelum anda memulai sebuah komunikasi dengan orang lain. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari sebuah permasalahan yang sedang terjadi. Mungkin anda akan bergumam dalam hati. Hmm masalah kok dicari-cari, gila saja penulis ini. Tidak apa-apa jika anda berpikir begitu. Saya hanya ingin bertanya pada anda. Anda ingin jadi yang biasa-biasa atau luar biasa? Kalau mau yang luar biasa lakukanlah hal yang tidak di lakukan orang biasa. Contohnya, mencari masalah. Bukankah orang biasa akan mencoba lari dari masalah bukannya mencari dan kemudian berdamai dengan masalah tersebut? Makanya Mikir. Hehehe!
Untuk lebih mudahnya saya kasih contoh saja..
Misalnya anda menyukai seseorang dan seseorang tersebut sudah mempunyai pacar. Kira-kira apa yang menjadi masalah? Yang menjadi masalah adalah dia sudah punya pacar. Atau apa masalah orang yang Ldr (Long distance Relationship)? Saya yakin pasti masalahnya jarak. Dari sini saja saya sudah mengetahui bahwa anda merupakan orang yang hobi mencari masalah. Intinya orang yang Memilih untuk mencintai pacar orang atau Ldr, itu berarti dia emang suka cari masalah. Sudah tau pacar orang masih saja ingin dimiliki. Sudah tau Ldr bakal banyak tak bertemu tapi masih saja. Tapi Anda adalah orang yang luar biasa. Coba saja anda pikirkan, bukankah orang yang biasa saja akan mencari yang masih single? Atau yang jaraknya dekat sehingga bisa bertemu kapan saja? Kenapa demikian? Yaa anda mikir saja. Punya otak kan? Tak perlu lah saya jelaskan panjang lebar. So, sebelum memulai sebuah komunikasi cobalah untuk mencari dulu masalah. Ingat ya cari masalah!! Hehehe!

2. Hambatan dari permasalahan
Kita semua tahu bahwa semua hal yang akan kita lakukan pasti akan mempunyai hambatan. Seseorang yang ingin sukses pun awalnya mempunyai hambatan. Itu pasti dan tidak mungkin tidak ada. Hambatan itu sudah menjadi hukum alam agar kita jadi lebih terasah lagi mentalnya. Bukankah jika tidak ada hambatan hidup akan terasa hambar? Selain itu hambatan adalah bumbu dari kehidupan ini. Yang harus anda lakukan adalah bagaimana cara menghadapi hambatan tersebut sehingga bisa melaluinya. Dan jika berhasil anda adalah orang yang lebih dari sekedar biasa.
Saya kasih contoh lagi:
Seperti pada contoh pertama. Kira-kira apa hambatan yang akan dilalui oleh orang yang mencintai pacar orang? Atau hambatan par Ldr? Yaa anda pikirkan saja. Hahahha! Yang terpenting adalah bagaimana cara anda menghadapi Hambatan itu. Teruslah Berusaha dan Berdoa. Saya jadi ingit perkataan Pak Mirwan yang menjabat Kepala PPI/TPI Baturusa yang mengatakan. Berusaha tanpa doa itu gila. Berdoa tanpa usaha itu Nothing. So, kedua hal diatas harus saling melengkapi. Harus saling bersinkronisasi. Semoga apapun masalah yang nantinya anda cari. Anda bisa menghadapi semua hambatan. Saya yakin anda bisa! Saya saja yakin masa anda tidak?? Hehehehe!!

3. Solusi
Setelah anda melaksanakan kedua syarat diatas yang tersisa hanyalah solusi. Solusi disini bukan datang dari anda. Tapi dari masalah yang anda cari.
Seperti biasa saya akan kasih contoh..
Pada dua contoh diatas anda sudah tau bahwa orang yang mencintai pacar orang adalah orang yang suka cari masalah. Dan itu berarti orang tersebut harus siap menghadapi hambatannya. Nah, setelah anda melakukan 2 syarat diatas. Bukankah tinggal sebuah solusi dari orang yang sudah mempunyai pacar tersebut? Jika dia mencintai anda akibat dari usaha dan doa anda. Dia pasti akan segera putus dengan pacarnya? Jika dia tidak mencintai anda, sudah pasti dia akan menolak anda? Bener gak?.
Lalu bagaimana dengan yang Ldr? Yaa sama saja. Jika mereka tidak bisa melewati hambatan tersebut sudah pasti mereka akan putus. Kalau mereka berhasil melewati hambatan tersebut sudah pasti tetap langgeng. Right??

Terakhir saya hanya ingin mengatakan bahwa saya tidak mengajarkan anda untuk mencintai pacar orang. Disini saya hanya ingin berbagi Ilmu tentang Komunikasi melalui contoh-contoh yang agak ngeyel. Saya harap anda mengerti. Kalaupun tidak silahkan Hubungi saya saja agar kita bisa berinteraksi lebih lanjut. Saya ingin meminta maaf jika ada salah kata. Kepada pak amin saya juga ingin minta maaf karena banyak sekali yang saya edit dari hasil pembicaraan kita.
Pada tulisan selanjutnya anda akan saya kasih Ilmu yang masih berhubungan dengan ini. Ilmu itu adalah bagaimana cara agar orang lain tertarik dengan masalah yang anda cari. Kalau dalam pacaran. Gimana caranya agar si doi tertaik. Tunggu saja!
Hahahaha!!

Selamat membaca!

University Of Life

If you ask me about my favorite university. my answer is the university of life. Why?? because of, in this university I learn a new science everyday. my teacher is you and all people around the world. my rektor is God. and my enemy is Devil. In this university, If i want to pass with cumlaude. I just to follow my prophet muhammad who was gave Al-quran and al hadis as a ideology. and then i will have a title as a heaven ๐Ÿ™‚

Pahami dirimu, Pahami Musuhmu

Assalamua’laikum..
Gimana kabarnya nih?? Baik-baik sajaa?? atau Luar biasa baiknya??
oiyaa, udah lama yaa ga nge-blog lagi. Harap dimaklumi soalnya lagi banyak kegiatan nih. ntah itu kegiatan yang menghasilkan atau kegiatan bersenang-senang. hehehe
Pada tulisan kali ini gue bakal ngasih tau suatu ilmu baru untuk para pembaca setia gue. gue harap ilmu ini bisa berguna dan bisa disebarkan kepada orang lain jika bermanfaat.

gue mulai tulisan ini dengan sebuah kutipan:
kita semua adalah seorang pemenang, tetapi ingat! tidak ada satupun pemenang yang merasa dirinya pecundang (Ajie,2014)”

Gue bilang kaya gini karena, banyak orang yang ngerasa ga yakin sama impiannya. mereka tidak pede dengan impian mereka sendiri. mereka lebih memilih terpengaruh oleh judge orang yang lain yang mengatakan kamu tidak cocok, impian seperti apa itu, udahlah kamu ga bakal bisa!.
Kata-kata itulah yang akhirnya membuat lo semua jadi ga pede. jadi mulai mengganti-ganti impian. jadi mulai ngerasa seorang pecundang. padahal yang sebenernya pecundang itu adalah mereka yang judge impian lo. gue bilang gitu karena seorang pemenang ga bakal judge impian orang lain. seorang pemenang lebih senang menciptakan impiannya. lebih senang meraih impiannya. itulah ciri seorang pemenang.
Kalo gitu gue bakal ngasih tips buat lo semua gimana caranya, lo bisa melawan dunia ini sehingga, bisa meraih impian lo.
Tips ini gue buat berdasarkan pengamatan yang gue lakukan terhadap orang-orang yang berperang pada zaman dahulu seperti Muhammad Al Fatih, gengis khan, atau Alexander yang Agung. Dari mereka semua ada sebuah strategy yang mereka ajarkan pada kita semua yaitu:

“Pahami dirimu, Pahami Musumu”

Dalam meraih impian kita harus memahami diri kita dahulu. hal ini dilakukan agar kita tahu apa yang cocok bagi kita. apa yang menjadikan impian kita berbeda. apa yang menjadi motivasi kita. dan apakah kita pantas mendapatkan impian itu?. Gue kasih contoh: Impian lo mau masuk surga tapi lo sendiri jauh dari Allah. Kira2 pantas ga?? hmm jawab sendiri yaaa..
Setelah kita memahami diri kita selanjutnya kita harus memahami musuh kita. Musuh inilah yang bakal jadi hambatan bagi kita dalam meraih impian. mereka akan senantiasa menjatuhkan kita, meremehkan kita, dan hal-hal lainnya yang akan menghambat kita dalam meraih impian. Musuh ini bukan hanya manusia ataupun setan tapi juga hal-hal seperti malas,takut,tidak pede,tidak mau mencoba, dan hal negatif lainnya. Jadi, pahamilah musuh lo semua dan bersiaplah mengatasinyaaa. Setelah lo memahami diri dan musuh. gue yakin impian-impian lo bakal segera terwujud. gue juga yakin! masa lo engga!! Terakhir gue cuma mau bilang jangan lupa berdoa, Sholat 5 waktu kerjakan, Sholat dhuha sama Tahajud laksanakan, Rajin-rajin sedekah, perbanyak dzikir, Jangan lupa baca Al-quran. Jika semua hal yang gue kasih tau udah lo lakuin. gue yakin Allah pasti bakal ngewujudin semua impian lo. Allah yang ngasih lo hidup, dan Allah pasti bertanggunh jawab pada hidup lo. yang penting lo selalu inget dia. Itu aja dari gue. Semoga lo semua jadi orang-orang yang Bahagia Didunia dan mendapatkan Surga di Akhirat. Aamiin

wassalamua’laikum wr wb